Minggu, 29 November 2009

Balada Idul Adha

ih Idul Adha, Lebaran Haji jika kata orang lainnya. ya, sebuah hari besar jika dalam agama yang saya sembah. bahwasanya orang2 yang mampu itu diwajibkan melaksanakan Rukun Agama yang ke-5. yaitu pergi ke tanah suci diArab Saudi timur tengah sana. oh tapi bukan semacam di film kera sakti yang pergi ke barat mencari kitab suci. tapi ini untuk yang lain, yaitu untuk melaksanakan ibadah Haji. Ibadah yang membutuhkan kemampuan fisik, mental, dan finansial untuk melaksanakannya. Dan oh sebenarnya itu menjadi keinginan kedua orang tua saya untuk bisa melakasanakannya, Dan menjadi semacam cita2 saya untuk membantu mewujudkannya.

Hari Idul Adha juga suka di sebut idul qurban, ya, dimana orang2 yang mampu diwajibkan mengurbankan hewan seperti sapi, kambing, domba, kebo, onta. konsep yang sangat menarik untuk bisa saling berbagi untuk si kaya kepada si kurang mampu agar juga bisa merasakan makan daging, contohnya seperti si saya yang anak kosan yang sudah cukup hapal untuk makan tempe tahu.

hal menarik lainnya bagi si saya adalah, bahwa semenjak kira2 2minggu sebelum hari-H di pinggir2 jalan berdirilah tenda2 semacam untuk penampungan, tapi bukannya untuk penampungan itu para korban bencana ataupun tenda2 untuk camping pramuka. melainkan tenda2 untuk menampung para kambing, domba, dan sapi yang merupakan hewan yang diperjualbelikan untuk keperluan kurban. oh kasihan si kamu para hewan tidak punya organisasi semacam PBB yang melarang penjualan manusia, namun tidak itu melarang penjualan sapi. salah si kamu para kambing tidak bersatu untuk melawan ketidak-perikekambingan kami para manusia. salah kamu juga kamu si domba bulunya kribo semacam rambut saya ini.
oh dan mereka setiap kali saya lewat camp penampungan mereka, sepertinya mereka saling berbunyi sekedar berbicara antar mereka, dan sepertinya juga saya seakan2 tau apa yang sedang mereka bicarakan. oh mungkin karena faktor rambut saya yang begini menjadi seperti bisa mendengar percakapan mereka si kambing si domba dan si sapi yang kira2 seperti ini :

kambing : ehemmmbekk..
sapi : ehemmmmooo..
kambing : ih dasar kamu sapi, bisa tidak kamu berbunyi seperti saya ini, "emmbb'e'e'e'e'e'e'e'eekkkk" ada semacam tehnik getaran, vibrasi vocal gitu lho!
sapi : ih dasar kamu kambing gitu saja sombong, lihat ni bunyi saya adalah bunyi jenis aliran musik yang sedang di gandrungi anak muda belakangan ini, yaitu musik 'EMO' coba dengar, "emmmooooooooooo.." malah saya sedang belajar bersuara teriak2 yang biasanya disebut 'scream' gitu.
kambing : ih kamu gaul ya pi. tapi tetap saja nanti kulit si kamu akan berakhir di sebuah gendang untuk penabuh musik dangdut. embbeekekekkekeke (tertawa ala kambing)
sapi : sialan yah si kamu mbing, potong tuh jenggot. jenggot saja panjang tapi tak pernah sholat. eemooohohohohoho (tertawa ala sapi)
~tiba2 si domba ikut bergabung dalam pembicaraan~
domba : ih pada ngomongin apa si cinnn.. akika qo gak di ajak yeiy.
kambing : dasar ih kamu si domba, sibuk sendirian aja, autis ih kamu.
domba : ih akika kan lagi rempong keritingin bulu akika nih cin, yuk maree.
sapi : (berbisik) ssstt mbing, qo si domba rada aneh dan mencurigakan ya. gimana gitu.
kambing : (berbisik) iya pi, maklumin aja, dia kan berasal dari peternakan di daerah taman lawang.
sapi : oh gitu ya mbing.
kambing : eh si kamu domba. btw, kamu tau tidak tujuan kita dibawa kesini dan nongrong pake tenda di pinggir jalan itu untuk apa ?
domba : hmm, untuk sekedar refreshing maybe, atau untuk semacam pameran model2 hewan, bukan ?
sapi : dasar ih kamu si domba, kebanyakan di adu domba sepertinya membuat otak si kamu sedikit bego.
kambing : embeekekeke.. iya bego kamu domba, tahukah kamu kita dibawa kesini sebenarnya adalah untuk.... DIJODOHKAN! (jeng jeng jeng *musik menegangkan)
domba dan sapi : A.....APA!! DIJODOHKAN!???
kambing : emmbeekekekeke, maaf hanya becanda. karena sebenarnya kita semua disini adalah untuk........ DIJUAL UNTUK DI QURBANKAN!!! (jeng jeng jeng jeng)
domba dan sapi : W.....WHAT!!?? DI QURBANKAN!???
domba : ja...jadi kita semua a..kan mati seb..entar lagi!! ti...tidak fulgoso!! (ternyata nama si kambing fulgoso)
kambing : iya marisol, kenyataan memang kadang sungguh pahit, mangka dari itu mulai dari sekarang kita berdoa saja mudah2an tidak ada yang beli kita (ternyata nama si domba marisol)
sapi : duh, mana aku belum nikah lagi, kawin sih sering.
domba : dasar kamu juan pedro, berprilaku seperti binatang saja, kawin seenaknya diluar nikah. (ternyata nama si sapi Juan Pedro)
kambing : lho kita semua kan memang binatang.
domba : hah entahlah, aku masih sangat terpukul menerima kenyataan pahit ini.
~tiba-tiba sebuah mobil yang mengangkut 3ekor babi lewat dan jalanan sedang macet~
babi : la la la la la la kami anak babi, suka menari2, walaupun kami sering di caci maki ngok ngok! (tiga babi bersaudara sedang bernyanyi bersama)
domba : woi babi lo!
babi satu : wee emang kami babi.
babi dua : ih kalian kasihan deh, pasti kalian lagi di jual untuk qurban. mangkanya enakan kami jadi babi kan haram untuk qurban. hahaha ngok!
domba : awas yaa lo turun gw seruduk!
kambing : sssttt..marisol, pedro aku punya ide untuk kabur dari sini
sapi : kabur bagaimana ??
kambing : (si kambing berbisik pada sapi dan domba)
kambing : hei para babi, kalian pasti sudah bosan kan makan lumpur dan hidup di lumpur. kami pun bosan hidup disini, kami hanya ingin sekedar jalan2.
babi tiga : lalu apa maksudmu hey kambing ?
kambing : kami akan mengajukan penawaran, bagaimana kalau kita ber-3 tukeran tempat, kalian disini nanti akan diberi makan enak sama juragan kami. nanti kalian akan di kasih makan hamburger, kebab, sate dan nasi padang disini. dan sebaliknya kami akan ikut sekedar jalan2 dengan mobil itu. saling menguntungkan bukan? win-win solution!
(para babi pun berunding)
babi tiga : penawaran yang menarik, oke. kami ber-3 menyetujuinya. tapi bagaimana teknis pelaksanaannya ?
kambing : oke bagus. begini, pada hitungan ke-3 kita akan menggigit tali pengikat ini hingga putus, dan kalian mencoba berusaha keluar dari mobil, lalu langsung kita tukeran posisi, dan lalu kami bertiga pura-pura bersuara seperti babi, dan kalian bertiga pura-pura bersuara seperti kami agar tidak mencurigakan juragan kita. deal ?
babi satu, babi dua, babi tiga : deal!
kambing : oke guys, dengarkan aba-aba. satu,,,, dua,,, tiga!!!
(kambing, domba, dan sapi mengunyah tali tersebut berusaha memutuskannya tali pengikat, dan ke-3 babi berusaha membuka pintu belakang mobil pick-up. tali akhirnya putus dan pintu terbuka, dengan cepat mereka ber-6 langsung lari bertukar posisi)
kambing, domba, sapi : ngok ngok!
babi satu, babi dua, babi tiga : mbeeeeekkk, emoooooo!
(rencana berjalan mulus, kemacetan pun tiba2 reda, mobil yang mereka naiki pun mulai berjalan)
kambing : embekekekek yes! rencana kabur kita berhasil kawan2.
domba : iya kamu pintar juga kambing.
babi tiga : ngokwokwokwokwongok! (tertawa ala babi)
domba : haha asik2. eh tapi kenapa tuh para babi tapmpaknya lebih ceria dari kita.
sapi : eh ada bacaan apa nih di samping mobil,
(keceriaan kambing, domba dan sapi hanya bertahan sesaat, sebelum si sapi membaca sebuah tulisan di sisi lain mobil)
sapi : PT.Gelonggongan, perusahaan impor daging olahan.
kambing, domba, sapi : A.....APAAA!!?? TIDAAAKKKKKK!!! embbeeekkkkk! emoooooooo!!
(mobil itu pun menghilang dari pandangan di keramaian jalan)
f.i.n

dan sampai tulisan ini diturunkan saya tidak tahu lagi bagaimana kabar si fulgoso, marisol dan juan pedro. tapi oh sungguh jikapun mereka hewan yang di kurbankan sepertinya hewan2 itu akan masuk surga, karena matinya membantu manusia ber-amal. Amin. Selamat Idul Adha dan hati-hati kolestrol berlebih bisa menyebabkan hipertemia, stroke dan gagal jantung.

pesan moralnya : hati2 jika membeli hewan kurban, salah2 yang anda beli adalah babi yang sedang menyamar. dan jangan pernah mau tukeran naik mobil sama babi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar