Kamis, 19 November 2009

everlasting 90'an cing (part-1)

kadang saya mengira orang yang sekedar bercerita tentang kehidupan dirinya di blog atau disemua catatan adalah seorang yang sombong. tapi bukan karena saya itu tidak punya kisah ato karena kisah saya terlalu suram untuk diceritakan. tapi itu karena sebelumnya belum mengerti apa itu "bagi-bagi kisah". Setiap orang pasti memiliki kisah hidup dan pasti berbeda2 walau kadang terjadi kemiripan. nah dengan "bagi-bagi kisah" ini kita berkesempatan membagi dan dibagi oleh si kisah orang lain tersebut. au ah gelap, akankah menyenangkan konsep seperti itu? entah..

tapi mari coba dengan satu kisah, adalah kisah masa kecil. yang saya rasa itu cukup adil untuk saya dibagi-bagikan karena setiap manusia pasti memilikinya, (kecuali anda kera sakti yang lahir dari batu) dan beberapa orang termasuk saya menganggap masa kecilitu sangat menyenangkan.
Beruntungnya bagi si saya yang kurang-lebih masa kecilnya terjebak di era dekade 90'an, akhir milenium, awal transisi menuju dunia digital oriented yg menimbulkan sedikit culture shocking, dan masa saya menebar tawa dengan mengenakan baju putih celana pendek merah lesu dan ingus menghias di hidung sedikit ke arah mulut.

90'an, takkan habis ingatan tentangnya walau kapasitas memori saya sangat terbatas. ya, mungkin karena ingatan saya yg waktu itu masih cukup bagus dan tidak banyak beban pikiran yg menghantam seperti sekarang. saat itu saya masih hidup biadab: hanya tau bersenang2 walau ternyatanya bokap-nyokap gak punya uang. lalu apakah hal yg membuat saya sepertinya sangat senang berkata demikian?. adalah semua, semua tentang fashion style-nya, acara TV-nya, musik, jajanan, bahasa gaul serta tagline2 iklan dan jokes, beragam permainan, Urban Legend, sampai ke-gadged oldschool yg saat itu ngetrend. hmm, tuan dan nyonya, tarik jangkar, mari bersiap menuju lorong waktu memori anda yang kadang disebut nostalgia :)

fashion stlye.


kenapa itu saya cerita fashion, karena fashion seringkali dapat sangat mengidentitaskan masa ke masa. namun tidak seperti era 70'an dan 80'an yang sangat ekstrim eksentriknya namun sangat typical, era 90'an cenderung lebih ke arah bebas-bergaya. tapi tidak terlihat seperti itu jika pada masa itu anda adalah seorang anak kecil: semuanya-harus-sama-dengan-apa-yang-sedang-musim. ingatkah dengan celana 'mambo', alien workshop, dompet dan tas alpina. Merasa paling gaul sedunia waktu itu ketika memakainya. tentu di padukan dengan sepatu yang jika di injek nyala2 ada lampunya yang terlihat sangat futuristik saat itu. Rambut dibelah menjadi dua bagian sama rata hingga seperti sebuah buku yang sedang dibuka, tidak gaul jika rambut anda belah tengah (kecuali orang kribo) :D. ada juga gaya rambut yang bernama cepak ngehe ato skin dalem. mau bermain jangan lupa pake sendal gunung nyekermen yg baru beli pake duit lebaran di dept.store Ramayana Robinson. Jam G-shock yang bisa nyala, alarm, kalender, stopwatch, dan anti air, saat itu sangat ajaib. pake topi build-up 8jahitan ato pake topi bolong yg gak ada atasnya *biar gak gerah mungkin. pake baju gambar fido-dido, ato mau sedikit handcrafting? beli sablonan nike/adidas/rebbok ato gambar logo team bola trus kita setrika diatas baju, voila! gambarnya pun berpindah ke baju. baju gambar tokoh TV yg ratingnya sedang tinggi spt satria baja hitam, ato tuyul dan mbak yul. tapi yang paling fenomenal adalah baju dan topi bertuliskan "tersayang" (sial gw punya ni baju). dan bila waktu itu anda telah menginjak remaja, kiblat stylenya bisa beralih ke majalah2 seperti majalah "Aneka Yes!" dan "Gadis" (biasanya yg dilihat pertama adalah kolom zodiac). oke anda sudah keren sekarang, saatnya main sepatu roda (in-line-skate) di depan rumah.


TV show


adalah TV, sebuah teknologi informasi-komunikasi paling canggih nan ber-gengsi-tinggi yg saya punyai di rumah. yah, walau remotnya masih analog (baca:cetak-cetek pake gagang sapu) tapi cukup sekedar membuat berantem dengan anggota kluarga lainnya akibat berebutan tv adalah rutinitas harian, chanelnya emg belum begitu banyak. tapi acaranya, jangan ragukan.
dari kuis2an: Family100 "survey membuktikan.." bersama Sony tulung, Apa ini Apa itu sama Jeffrey woworuntu, TakTikBom sama wakil Gubernur Jabar, Kata berkait-Nico siahaan, kuis Piramida-Roni siantury, "apaan tuh..." kuis dangdut ama bang Jaja miharja (LOL), kuis interaktif? inilah dia cikal bakalnya "kuis jareee Jareee" sama bang Pepeng yg klo 3detik ga nyebutin password diputus padahal kesempatan masuknya 1juta banding satu. Ato ada yg suka nonton kuis cerdas cermat TVRI-kah? *ragu :P
film seri: Adalah "Noktah merah perkawinan" yg disebut2 pelopor era kapitalisme sinetron masa kini (yg maen ayu ashari sama cok simbara), keluarga cemara (suka pengen nangis liat anak2nya jualan Opak trus pas si Abah becaknya terguling), tersayang (masih inget adegan Anjasmara ngelempar topi bertuliskan tersayang pas ke kepala Jihan fahira), Deru dan debu (sama wakil Gubernur Jabar lagi), LikaLiku LakiLaki-GaraGara-Tuyul mba yu-Jin dan Jun(nontonnya pake kacamata 3Dimensi), horor simanis jembatan ancol nan seksi, villa berdarah, Wiro sableng, Catatan si-Boy dan Lupus biar gaul, pastinya gak ketinggalan Sinetron terpanjang sepanjang masa dan alam semesta adalah Tersanjung season1-season6. tapi tetep juaranya menurut saya adalah sinetron yg walau pemeran utamanye udah kumisan lebat dan agak tua judul tetep aja "sidoel anak sekolahan!" (jenap, sarah, mandra, mas karyo, atun..pade kemane yee). :D
acara TV luar negri: beragam Telenovela dari Marimar..Auuu, Maria Mercedes mukanya Ledes, rosalinda, Esmeralda, isabella, por tu amor, amigos, sampe kegemaran saya cinta paulina. film2 vampire china dikala sabtu siang, knight rider, macgyver, the-A-team, beverlyhills, yoko, benteng takeshi dan Kera sakti sangat worthed yntuk ditonton waktu itu.
acara anak: jamannya superhero bertopeng yang setiap anak hapal gerakan cara berubahnya satria baja hitam, power ranger, ultraman, Saras008, Panji manusia milenium, kartun2 saint saiya, yankuro, dragonball dan yg sangat imajinatif adalah doraemon.
acara musik: Delta(deletan lagu teratas) cikal bakal dahsyat :D, cilukba bersama messi, tralala trilili(agnes monica belom ngerti cwo ganteng), MTV yg masih di ANTV, sik-asik acara dangdut yeuh.
film: pastinya dari sang Legend warkop DKI yang tetap seru walau saya tonton skrg, film kesatria bergitar Rhoma irama, Alm.Binyamin s, kadir doyok, ratu horror susana dan bang bokir-nya, film2 actionnya berry prima;gorge rudy;arpen bangun, dan film yang hanya di tayangkan setiap malam tanggal 30september tiap tahun namun karena syarat berbau konspirasi dan pembelokan sejarah mangkanya filmnya ga ditayangin lg skrng, film G30sPKI.
*Tapi tahukah acara tv apa yg ratinggnya paling tinggi saat itu, adalah acara bernama "Dunia Dalam Berita" , gimana tidak itu terjadi, semua saluran tv diharuskan menyiarkannya disaat prime time PKL 09.00WIB tapi saat reformasi aturan itu dihapus, karena dengan aturan itu bukannya tidak mungkin terjadi konspirasi arah informasi berita oleh beberapa pihak. (semoga saya tidak diculik pihak yg tersinggung)


Musik


waw musik 90'an yg tanpa sadar selalu menyempil di tracklist saya saat berkaroke dengan teman2. lyric dan nada yg simple membuatnya sulit dilupakan dan asik untuk sing along together. adalah sheila on7(waktu itu masih pada item dekil jawa sekali), stingky(yg skrng vocalisnya jadi pelawak), Dewa19(Ahmad dhani yg belom bisa se tengil skrg), Wayang(dongeng sebelom tidurr..), Andre hehanusa(karena ku tau engkau begitu..), BaseJam(pada kemana yee skrng..), ME(inikah rasanya cinta..oh inikah cinta),
Kahitna, nugie, katon bagaskara, coolcolors, F.B.I (adeuh indra bekti..), SLANK dan Iwan Fals(yg fansnya selalu bawa bendera), Netral(walah..vocalisnya masih kurus), kegemaran saya lainnya adalah pada Raper2 semacam Iwa-K dan NEO, vocal group Bening, dan Alm Nike Ardila. cikal bakal Band2 melayu masa kini muncul dan hits saat itu semacam Search-Issabela (sinetron sama lagunya hits lagi), Eksis(mencari alasan), Slam-Gerimis mengundang (mengundang apa hayoo?), Iklim-suci dalam debu (mungkin maksudnya tayamum).
band2 rock dari luar negri kaya BonJovi, GNR, Nirvana, Oasis, Firehouse, The cure and more..
Tapi entah betapa aneh dan lucunya jika diingat mungkin saat itu sisi feminis saya sedikit keluar, dengan menggemari boyband2 luar yang saat itu sedang booming seperti Westlife (BBRRYAAANN....ganteng banget! aku punya CD karokean kamu lho), Backstreetboys(alamakk nick carter), New kidson the block (NKOTB), Boys2me, Boyzone, N'sync(Justin Timberlake masih cukup lugu), The Moffatts dan Hanson.
Saat lebih anak kecil lagi, beruntungnya saya dan kita karena banyak sekali penyanyi2 cilik dan para pencipta lagu anak kala itu. adalah Messi "cilukba", Chikita meidy, Joshua (dulu saya ngefans, tapi qo gedenya gak ganteng), duet maut geofanny-saskia (bang bing bung ayo nabung), Trio kwekwek (ceileh dah pada cantik..katanya katanya), Bondan Prakoso (si lumba-lumba skrng ganteng dan jago main bass, jd tambah ngefans gan), Sussan dan kak Ria enes (sampai skrng kadang saya percaya klo Sussan itu beneran anaknya Ria enes). si komo(musuh warga jakarta karena bikin macet), tina-toon bolobolo, Agnes monica, Tasya (anak gembala), Melisa (abang tukang bakso...), Cindy cenora (yg lagunya sangat nasionalis.."aku cinta rupiah"), banyak semut dirumahku? pasti gara2 Eno Lerian. :)


nih ada beberapa video nostalgianya yg sdikit bikin ngakak saya. klik gan..
Trio Kwekwek-katanya : http://www.youtube.com/watch?v=pfU94ADeflE
Eno lerian-nyamuk nakal : http://www.youtube.com/watch?v=BugDmMQ-95o
Bondan Prakoso-si lumba@ : http://www.youtube.com/watch?v=qKJqPXgGLEI
susan - cita2ku : http://www.youtube.com/watch?v=l7E28g9TMsM

bersambung cing, ke part-2

1 komentar:

DIAN PUTRI mengatakan...

# celana alien megang abis, ya? saya punya 2 loh celana itu.
# tas alpina tuh apa ya? antara lupa dan ga tau.
# topi tersayang saya punya 2, warna pink dan biru :''>
# tante saya pernah ikutan kuis family 100 loh.
# cok simbara ganteng sekali.
# kemana ya keluarga cemara?
# si jun masih belah tengah rambutnya ya.
# si manis jembatan ancol seksi abis.
# jenab atau jaenab sih?
# salon atun apa kabar ya?
# eh Pak Tile meninggal kapan sih?
# gabriela spanic idola semua.
# ih rindu deh film vampire di sabtu siang.
# ada satu lagi acara musik anak kecil, biasanya pagi-pagi. ABC (arena bocah cuiiiiiiilik), dibawain sama Sonia yang medok abis.
# oh ya dunia dalam berita itu favorit ayah saya.
# sheila on 7, lebih luar biasa dulu ya, dibanding sekarang.
# yang benar STINKY, bukan STINGKY.
# basejam yang vokalisnya gondrong itu, perempuan atau laki sih?
# fansnya slank dari dulu sampe sekarang tetep suka bawa-bawa bendera.
# hanson itu favorit saya! cupppap pap pap cupap~
# lupus, boim, sama siapa sih satu lagi temannya?

dua jempol!

Posting Komentar